Gudik Bernanah

Gudik Bernanah

Gudik Bernanah – Gudik, kudis atau scabies merupakan penyakit kulit yang sama dan umum. Kondisi ini memang sangat menjengkelkan dan bandel. Proses penyembuhannya pun cukup lama dengan obat yang digunakan harus-benar tepat. Lebih menjengkelkan lagi, penyakit kulit ini bisa datang kembali walaupun sudah sembuh.

Gudik Bernanah

Penyakit ini merupakan penyakit kulit yang dapat menular, dan penyebarannya pun sangat cepat jika dibandingkan dengan penyakit kulit lainnya.

Penyebab Gudik Bernanah

Penyakit ini disebabkan oleh tungau yang merusak kulit. Tungau ini menggali kulit dan berkembang biak di dalamnya. Tungau ini disebut sarcoptes scabiei.

Rasa gatal yang timbul pada kulit merupakan reaksi alergi tubuh terhadap tungau, telur dan kotorannya. Tungau ini dapat menular melalui pakaian atau sentuhan fisik bagian yang terkena. Oleh sebab itu, jangan pernah pinjamkan pakaian Anda jika Anda tidak ingin orang lain tertular.

Penyakit ini dapat ditularkan melalui manusia ataupun hewan seperti anjing, kucing dan hewan peliharaan lainnya. Oleh sebab itu, pastikan hewan perliharaan Anda selalu dalam keadaan bersih dan sehat.

Gejala penyakit kulit Gudik Bernanah

Gatal ringan ataupun hebat dan lebih pada malam hari atau ketika sedang berkeringat
Area sekitar kulit yang terkena mengalami kerusakan, pada umumnya berbentuk luka atau benjolan pada kulit
Sering terjadi pada jari-jari, ketiak, pinggang, pergelangan tangan, siku, telapak kaki dan tangan, sekitar payudara, area kemaluan, bokong, lutut, selangkangan, leher dan punggung.

Namun pada dasarnya penyakit ini dapat terjadi di hampir setiap bagian tubuh termasuk kepala, wajah dll. Sedangkan pada bayi umumnya terjadi pada kepala, wajah, leher, telapak tangan dan juga telapak kaki.

Pengobatan Gudik Bernanah

Tungau scabies akan terus berkembang biak didalam lapisan kulit jika tidak segera ditangani atau Anda melakukan langkah pengobatan yang tidak tepat.

Jika Anda pergi ke dokter untuk pemeriksaan dan hasilnya Anda positif terkena scabies atau gudik, dokter biasanya akan merekomendasikan obat yang mengandung insektisida untuk membunuh tungau penyebab kudis.

Obat Gudik Bernanah Di Apotik

1. Scabimite

Obat ini merupakan obat khusus untuk mengatasi scabies atau gudik yang menyerang dibagian apapun. Obat ini dapat dengan mudah Anda dapatkan di apotik atau toko obat terdekat.

Obat ini mengandung bahan aktif permethrin 5%, kandungan ini sangat efektif dalam membunuh tungau penyebab gudik. Obat ini cukuo digunakan sekali dalam sehari. Jika penggunaannya terlalu sering maka bisa menyebabkan efek samping seperti iritasi yang disertai dengan gatal dan panas hebat.

2. Salep Salisilat 2-4

Salep ini mengandung bahan aktif sulfur-praecipitatum dan asam salisilat yang tidak hanya dapat mengobati skabies, tetapi juga dapat mengatasi berbagai penyakit kulit lain seperti kadas, kurap, panu, jamur, atau infeksi.

Obat ini dapat digunakan 1 atau dua kali sehari. Obat ini memiliki efek samping seperti iritasi ringan, perih, panas dan gatal. Oleh sebab itu, jangan gunakan secara berlebihan. Ikuti petunjuk pemakaian.

3. Salep Nosib

Selain gudik atau scabies, obat ini juga dapat mengatasi berbagai infeksi lain yag disenankan oleh bakteri, virus dan jamur. Salep ini memiliki kandungan bahan aktif yang membuatnya semakin efektif, seperti Sulfur Praecipitalum 0.090 g, Acidum Benzoicum 0.080 g, Mentholum 0.003 g, Acidum-Salicylicum 0.080 g, dan Salep-Constituent 1 g.

Dengan semua kandungan tersebut, salep ini bahkan tidak hanya dapat mengatasi infeksi, tetapi juga dapat menghilangkan kutil, bisul dan gangguan kulit lainnya.

Obat ini bsia digunakan 3 kali dalam sehari. Namun Anda harus tetap waspada karena salep ini memiliki efek samping reaksi iritasi dan sensasi panas.

4. Salep Neon Zalf

Bahan aktif vaselin album, sulfur, dan asam salsilat didalam salep neon zalf ini efektif untuk mengatasi masalah-masalah kulit yang sering muncul.

Salep ini bisa Anda gunakan 2-3 kali sehari dengan efek samping yang harus diwaspadai seperti reaksi alergi, iritasi dan rasa panas seperti terbakar.

5. Permethrin

Salep dengan kandungan scabimite cream 5% ini mampu menyingkirkan tungau-tungan penyebab gudik atau scabies dari dalam kulit. Namun efek samping salep ini juga harus tetap di perhatikan karena bisa memicu iritasi yang disertai dengan sensasi panas.

Salep ini harus digunakan setiap 8 jam sekali dan area terserang tidak boleh terbilas oleh air. Jika terbilas, maka Anda harus mengoleskannya kembali.

Cara Mencegah Gudik Benanah

Anda bisa mencegah gudik atau scabies menyerang dengan melakukan beberapa cara pencegahan berikut ini :

  • Jaga kebersih badan, pakaian, tempat tidur dan rumah Anda
  • Jangan meminjam atau memakai pakaian orang lain
  • Jangan sembarang menyentuh hewan peliharaan, apalagi yang sudah jelas memiliki penyakit kulit
  • Jika Anda memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci atau hewan apapun itu, sebaiknya kontrol kesehatan dan kebersihannya
  • Jangan tidur sekamar atau satu selimut dengan penderita gudik / scabies
  • Segera periksa diri jika Anda mengalami gejala serangan gudik / scabies

laurelmountaininstruments.com | Gudik Bernanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *