Masker Spirulina

Masker Spirulina

Masker Spirulina – Saat ini masker wajah spirulina sedang booming-boomingnya. Hingga akhirnya banyak produk-produk baru bermunculan, bahkan produk yang kurang jelas asal-usulnya sekalipun. Kenapa masker spirulina lebih booming dibandingkan dengan masker lain? Ada beberapa jawaban yang mungkin menjadi alasan kenapa banyak orang menggunakannya.

Masker Spirulina

Alasan Kenapa Masker Spirulina Booming dan Banyak Digunakan

1. Khasiat / manfaat

Ya, mereka yang menggunakannya tentu saja karena khasiat / manfaatnya. Tidak mungkin mereka menggunakan jika tidak tahu keuntungannya.

2. Testimoni

Banyaknya testimoni dari konsumen lain menjadi alasan seseorang untuk menggunakan masker spirulina ini. Dalam hal ini tentu saja testimoni positif.

3. Kualitas produk

Konsumen cerdas sudah pasti menggunakan produk yang sudah diketahui kualitasnya. Mereka akan sangat berhati-hari dan tidak sembarang memilih atau menggunakan produk.

4. Harga

Meski tidak semua orang menjadikan harga sebagai alasan, namun pastinya masih banyak orang yang juga menjadikannya sebagai alasan. Seiring banyaknya produk yang beredar, maka harga pasarpun tidak sama. Banyak juga yang memilih produk spirulina dengan harga yang murah, meskipun kualitasnya tidak lebih baik dari harga produk unggulan.

Banyak produk banyak harga yang murah karena persaingan, sehingga orang yang hemat akan memilih produk yang lebih murah. Mungkin mereka berfikir, toh sama-sama spirulina ini. Padahal bisa saja sasker spirulina tesebut justru memiliki efek samping karena bukan dibuat dari spirulina murni.

5. Ikut-ikutan trend

Ada juga si mereka yang menggunakan spirulina karena kemakan trend yang sedang booming. Biasanya jika ada sesuatu yang sedang tenar, maka mereka pasti penasaran ingin mencobanya. Hal ini juga mungkin berlaku bagi sebagian pengguna masker spirulina.

Nah. setidaknya itulah alasan sebagian orang untuk menggunakan walatra spiruilina. Sekarang mari kita kenali lebih dekat si spirulina ini agar kita tahu juga apa aja kandungan dan juga manfaatnya.

Spirulina, Kenalan Dong!

Spirulina adalah salah satu suplemen paling populer di dunia. Itu karena spirulina sarat dengan berbagai nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dan otak.

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan berbasis spirulina.

1. Spirulina Memiliki Banyak Nutrisi

Spirulina adalah organisme yang tumbuh di air tawar dan air asin. Spirulina merupakan jenis cyanobacteria, yang merupakan keluarga mikroba bersel tunggal yang sering disebut sebagai ganggang biru-hijau.

Sama seperti tanaman lainnya, cyanobacteria dapat menghasilkan energi dari sinar matahari melalui proses yang disebut fotosintesis.

Spirulina sudah dikonsumsi oleh suku Aztec kuno tetapi menjadi populer kembali ketika NASA mengumumkan bahwa spirulina dapat ditanam di ruang angkasa untuk digunakan oleh para astronot.

Spirulina memiliki banyak nutrisi. Satu sendok makan (7 gram) bubuk spirulina kering mengandung :

  • Protein: 4 gram
  • Vitamin B1 (tiamin): 11% dari AKG
  • Vitamin B2 (riboflavin): 15% dari AKG
  • Vitamin B3 (niasin): 4% dari AKG
  • Tembaga: 21% dari RDA
  • Besi: 11% dari AKG

Spirulina juga mengandung magnesium, potasium, dan mangan dalam jumlah yang layak dan hampir semua nutrisi lain yang Anda butuhkan. Selain itu, jumlah yang sama hanya menampung 20 kalori dan 1,7 gram karbohidrat yang dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

Satu sendok makan (7 gram) spirulina menyediakan jumlah kecil lemak – sekitar 1 gram – termasuk asam lemak omega-6 dan omega-3 dalam rasio sekitar 1,5-1,0.

Kualitas protein dalam spirulina dianggap sangat baik – sebanding dengan telur. Dengan ini spirulina dapat memenuhi semua asam amino esensial yang Anda butuhkan.

2. Sifat Antioksidan dan Anti Radang Yang Kuat

Kerusakan oksidatif dapat merusak DNA dan sel Anda. Kerusakan ini dapat mendorong peradangan kronis, yang juga dapat menjadi kanker dan penyakit lainnya. Spirulina adalah sumber antioksidan yang fantastis, yang dapat melindungi dari kerusakan oksidatif.

Komponen aktif utamanya disebut phycocyanin. Zat antioksidan ini juga memberikan spirulina warna biru-hijau yang unik. Phycocyanin dapat melawan radikal bebas dan menghambat produksi molekul pensinyalan inflamasi, memberikan efek antioksidan dan antiinflamasi yang mengesankan.

3. Dapat Menurunkan Kadar LDL dan Trigliserida yang “Buruk”

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di dunia. Banyak faktor risiko yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Ternyata, spirulina berdampak positif pada banyak faktor ini. Sebagai contoh, itu dapat menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL “buruk” dan trigliserida , sambil meningkatkan kolesterol HDL “baik”.

Dalam sebuah penelitian pada 25 orang dengan diabetes tipe 2, mereka diberikan 2 gram spirulina per hari dan secara signifikan meningkatkan perubahan positif pada kondisi mereka. Studi lain pada orang yang memiliki kolesterol tinggi diberi bahwa 1 gram spirulina per hari dan dapat menurunkan trigliserida sebesar 16,3% dan LDL “buruk” sebesar 10,1%.

Beberapa penelitian lain juga telah menemukan efek yang menguntungkan – walaupun dengan dosis yang lebih tinggi 4,5–8 gram per hari.

4. Melindungi Kolesterol LDL “Buruk” Dari Oksidasi

Struktur lemak dalam tubuh rentan terhadap kerusakan oksidatif. Kondisi ini dikenal sebagai peroksidasi lipid, pendorong utama banyak penyakit serius. Sebagai contoh, salah satu langkah kunci dalam pengembangan penyakit jantung adalah oksidasi kolesterol LDL “buruk”.

Menariknya, antioksidan dalam spirulina tampaknya sangat efektif dalam mengurangi peroksidasi lipid pada manusia dan hewan. Dalam sebuah penelitian pada 37 orang dengan diabetes tipe 2, diberikan 8 gram spirulina per hari secara signifikan mengurangi kerusakan oksidatif. Hasil penelitian ini juga meningkatkan kadar enzim antioksidan dalam darah.

5. Dapat Memiliki Sifat Anti-Kanker

Beberapa bukti menunjukkan bahwa spirulina memiliki sifat anti-kanker. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa spirulina dapat mengurangi kejadian kanker dan ukuran tumor. Efek Spirulina pada kanker mulut telah dipelajari dengan sangat baik.

Satu studi meneliti 87 orang dari India dengan lesi prakanker – disebut oral submucous fibrosis (OSMF) – di mulut. Di antara mereka di beri 1 gram spirulina per hari selama satu tahun, hasilnya 45% lesi mereka hilang – dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya mendapatkan perubahan 7%.

Ketika orang-orang ini berhenti minum spirulina, hampir setengah dari mereka mengembangkan lesi pada tahun berikutnya. Dalam studi lain dari 40 orang dengan lesi OSMF, 1 gram spirulina per hari menyebabkan peningkatan yang lebih besar dalam gejala OSMF daripada obat Pentoxyfilline ( 22 ).

6. Dapat Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah pendorong utama banyak penyakit serius, termasuk serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal kronis. Sementara 1 gram spirulina tidak efektif, dosis 4,5 gram per hari telah terbukti mengurangi tekanan darah pada individu dengan kadar normal.

Pengurangan ini diperkirakan didorong oleh peningkatan produksi oksida nitrat, molekul pensinyalan yang membantu pembuluh darah rileks dan melebar.

7. Mengurangi Gejala Rhinitis Alergi

Rinitis alergi ditandai oleh peradangan pada saluran hidung Anda. Kondisi ini dipicu oleh alergen lingkungan, seperti serbuk sari, bulu hewan atau bahkan debu gandum.

Spirulina adalah pengobatan alternatif yang populer untuk gejala rinitis alergi, dan ada bukti bahwa itu bisa efektif. Dalam satu penelitian pada 127 orang dengan rinitis alergi, diberi 2 gram per hari, hasilnya secara dramatis bisa mengurangi gejala seperti keluarnya hidung, bersin, hidung tersumbat dan gatal-gatal.

8. Efektif Melawan Anemia

Ada berbagai bentuk anemia. Yang paling umum ditandai dengan menurunnya hemoglobin atau sel darah merah dalam darah Anda. Anemia cukup umum pada orang dewasa yang lebih tua, yang mengarah ke perasaan lemas dan kelelahan yang berkepanjangan.

Dalam sebuah penelitian pada 40 orang lanjut usia dengan riwayat anemia, suplemen spirulina meningkatkan kadar hemoglobin sel darah merah dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

9. Dapat Meningkatkan Kekuatan dan Daya Tahan Otot

Kerusakan oksidatif yang diinduksi oleh olahraga merupakan kontributor utama kelelahan otot. Makanan nabati tertentu memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu atlet dan individu yang aktif secara fisik meminimalkan kerusakan ini.

Spirulina tampaknya bermanfaat, karena beberapa studi menunjukkan peningkatan kekuatan dan daya tahan otot setelah mengkonsumsi sumplemen spirulina.

Dalam dua penelitian, spirulina meningkatkan daya tahan, secara signifikan meningkatkan waktu yang dibutuhkan orang agar bisa lelah.

10. Dapat Membantu Kontrol Gula Darah

Penelitian pada hewan menghubungkan spirulina dengan kadar gula darah yang lebih rendah. Dalam beberapa kasus, telah mengungguli obat diabetes populer, termasuk Metformin.

Ada juga beberapa bukti bahwa spirulina bisa efektif pada manusia. Dalam sebuah studi dua bulan pada 25 orang dengan diabetes tipe 2, 2 gram spirulina per hari diberikan pada mereka dan menyebabkan penurunan kadar gula darah yang mengesankan.

HbA1c, penanda kadar gula darah jangka panjang, menurun dari 9% menjadi 8%, yang merupakan substansial. Studi memperkirakan bahwa pengurangan 1% pada penanda ini dapat menurunkan risiko kematian terkait diabetes sebesar 21%.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa spirulina mungkin bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2, secara signifikan mengurangi kadar gula darah puasa.

Manfaat Spirulina Untuk Kulit

Spirulina tidak hanya ideal untuk dikonsumsi, manfaat spirulina untuk memperbaiki kulit juga sangat baik. Beberapa manfaat spirulina untuk kulit adalah:

1. Toner Alami

Masker Spirulina bertindak sebagai toner alami yang membantu mencerahkan dan meningkatkan kompleksitas. Spirulina mengandung fosfor, vitamin A, vitamin B-12, vitamin, E, kalsium, dan zat besi tingkat tinggi.

Elemen-elemen ini memerangi dan membantu mengurangi keberadaan radikal bebas. Dengan menghilangkan radikal bebas berbahaya dari kulit, spirulina memurnikan sel-sel kulit yang menghasilkan penampilan kulit menjadi lebih baik.

2. Sebagai detoxifier

Spirulina bertindak sebagai detoxifier seluruh tubuh untuk memperbaiki ginjal, ia juga bertindak sebagai detoxifier yang kuat untuk kulit. Pengenalan spirulina ke kulit dalam produk topikal membantu dalam percepatan regenerasi kulit.

3. Tingkat pergantian sel yang lebih cepat

Spirulina dapat meningkatkan pergantian sel yang lebih cepat, meningkatkan kecepatan kulit dalam proses penyembuhan dan melepaskan sel-sel kulit mati dan kering yang membuat kulit tampak kusam. Tingkat pergantian sel kulit yang meningkat menyebabkan metabolisme kulit yang lebih baik yang membantu menciptakan dan mempertahankan kulit yang sehat.

4.  Anti-penuaan yang efektif

Karena tingginya kadar selenium, vitamin E, dan tirosin yang ditemukan dalam spirulina, maka spirulina sangat efektif sebagai unsur anti-penuaan. Tyrosine yang ada di spirulina terdiri dari antioksidan kuat yang mengurangi penuaan sel-sel kulit dan membersihkan kulit dari radikal bebas yang berbahaya.

5. Menjaga kelembaban kulit

Selain itu, kandungan klorofil yang tinggi dalam spirulina juga dapat membantu menjaga kelembaban di kulit. Dengan demikian, kulit akan tampak lebih terhidrasi, sehat, dan halus. Klorofil juga memiliki sifat pembersih yang mendetoksifikasi dan meningkatkan kesehatan kulit.

6. Menghilangkan flek hitam, meningkatkan elastisitas kulit dan memperkuat kekebalan tubuh

Spirulina juga terbukti membantu menghilangkan flek hitam dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Fortifikasi ini mengarah pada peningkatan kekuatan dan elastisitas kulit. Menurut beberapa ahli dermatologi, klorofil yang ada dalam spirulina dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mendetoksifikasi kulit, yang mengurangi tampilan flek hitam dan noda hitam di bawah permukaan kulit.

7. Melawan Jerawat

Spirulina juga telah terbukti membantu mengatasi jerawat dengan menghilangkan racun berbahaya dan bakteri di permukaan kulit yang telah terbukti menyebabkan kulit berjerawat. Produk kulit alami yang mengandung spirulina dapat mengurangi munculnya jerawat pada kulit dengan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Sampai disini jelas ya bagaimana Masker Spirulina bisa jadi booming seperti sekarang ini. Selain bagus untuk kulit, ternyata spirulina juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sumber : www.healthline.com

laurelmountaininstruments.com | Masker Spirulina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *