Obat Amandel

Obat Amandel

Obat Amandel – Pada dasarnya semua orang memiliki amandel, amandel ini merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh yang penting. Dia berfungsi untuk mencegah dan membasi kuman yang masuk pada tubuh melalui hidung dan mulut. Ketika terjadi infeksi, jaringan amandel akan membesar dan mengganggu pernafasan serta tenggorokan, bahkan bisa menimbulkan rasa sakit.

Obat Amandel

Untuk mengatasi kondisi ini, antibiotik diperlukan untuk menangani infeksi. Selain obat kimia, ada beberapa solusi alami yang berguna dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan karena amandel yang membengkak.

Obat Amandel Herbal Alami

Berikut ini merupakan beberapa obat herbal alami yang dapat membantu Anda mengatasi amandel tanpa harus menggunakan bahan kimia.

1. Berkumur dengan air garam

Ketika Anda atau anak Anda atau bahkan siapapun mengalami pembengkakan amandel, Anda bisa menggunakan air garam untuk meredakannya. Konsentrasi garam yang tinggi bisa membantu mengeluarkan cairan dari jaringan yang meradang dan ini mengurangi pembengkakannya.

Cobalah masukan 1 sendok garam kedalam secangkir air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur. Hal ini bisa Anda lakukan 2 atau 3 kali sehari.

2. Madu dan lemon

Madu memiliki sifat antibakteri serta anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan amandel dan kelenjar gondok. Sedangkan lemon memiliki kandungan vitamin C yang kuat sebagai antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk anak-anak, cobalah campurkan satu sendok teh madu dengan 2 – 3 tetes jus lemon lalu konsumsi sekitar tiga kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit tenggorokan. Sedangkan untuk dewasa, bisa menambah takarannya. Misalnya satu sendok madu di campur dengan 3-5 teteh lemon.

3. Bawang putih

Bawang putih memiliki senyawa yang mengandung sulfur. Kandungan ini berfungsi sebagai antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Ini menjadikan bawang putih sebagai salah satu solusi alami terbaik untuk mengatasi infeksi di tenggorokan.

Untuk hasil maksimal, Anda bisa mencampurkan bawang putih yang sudah di halsukan dengan madu dan jus lemon.

4. Minuman hangat

Minuman hangat dapat meredakan sakit dan juga pembengkakan amandel. Anda bisa membuat teh yang ditambah dengan sedikit madu atau jahe, atau Anda juga bisa membuat sup bening, kaldu, atau beberapa tetes jus lemon dan madu dalam air hangat.

5. Kunyit

Kurkumin, kandungan kunyit yang memiliki sifat anti-oksidan, antibakteri dan anti-inflamasi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menambahkan ke dalam segelas susu hangat dan diminum tepat sebelum tidur di malam hari. Kunyit efek penenang ringan yang dapat meredakan rasa sakit dan bahkan bisa membuat tidur lebih nyenyak.

6. Fenugreek

Fenugreek atau biji methi memiliki efek anti-inflamasi dan ramuan ini sudah digunakan secara tradisional dalam bentuk tapal di kulit untuk mengobati pembengkakan. Untuk amandel dan adenoid yang membengkak, fenugreek dapat dibuat sebagai ramuan obat kurum dengan mendidihkan 2 sendok makan biji dalam sekitar 3 – 4 gelas air. Gunakan air ini setelah hangat atau mendingin.

7. Kemangi

Daun kemangi (basil) atau tulsi memiliki sifat anti-bakteri, anti-virus dan anti-inflamasi. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan kelenjar gondok dan amandel. Kemangi juga dikenal dapat mempercepat proses penyembuhan dan ini membuatnya menjadi obat alami yang baik untuk infeksi tenggorokan.

Anda bisa membuat ramuan khusus dari daun kemangi ini. Siapkan sekitar 10 daun kemangi kemudian rebus dalam 1 ½ gelas air selama 10 menit, saring dan campurkan air perasan dari perasan satu lemon kecil bersama dengan satu sendok teh madu. Setelah itu minum ramuan ini secara teratur.

Untuk mengurangi kondisi yang lebih parah, untuk sementara Anda tidak boleh makan makanan yang digoreng, makanan renyah dan pedas.

Demikianlah informasi ini kami buat, semoga Obat Amandel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda. Terimakasih 🙂

laurelmountaininstruments.com | Obat Amandel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *